Tapi tenang, kali ini saya akan berbagi tips untuk mengatasi masalah tersebut tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Hanya saja kalian mau nekad buat bongkar-bongkar dikit. Hehehe
Langsung saja, jika kalian mengalami hal seperti diatas yaitu mesin motor menyala namun saat digas tiba-tiba saja mesin motor mati biasanya dikatakan bahwa karbu motor byson kotor atau karet vakumnya sudah tidak bagus lagi dan ujung-ujungnya harus ganti. Tentu saja akan merongoh kocek yang tidak sedikit.
Saya juga sempat mengalami hal yang sama, sudah berbulan-bulan gejala yang sama selalu muncul walau pun sudah servis, bongkar sana sini namun tetap saja motor selalu bermasalah terutama saat motor digeber dengan memainkan gas secara spontan, maka gejala mesin motor akan mati sangat terasa.
Sudah sempat nanya sama kakek Google, katanya karet vakum yang ada di karbu motor byson sudah tidak lentur lagi dan harus diganti, waduh,,,,pusing nie gak punya uang buat ganti. Nah,,,bagi yang punya masalah sama seperti yang saya alami, nie karang tak kasi tau caranya biar motor byson keren kalian tetap ngacir tanpa ganti karet vakum.
Pertama, buka sadel motor dan taruh ditempat yang aman.
Selanjutnya, buka cover body bagian samping kiri motor menggunakan obeng dan kunci L. Setelah dilepas taruh juga ditempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak iseng.
Baru setelah itu lepas baut penutup saringan udara motor byson kalian.
Nah...maka akan terlihat saringan udara kalian yang terbuat dari kertas kering itu (khusus byson menggunakan saringan udara tipe kering). Tahap selanjutnya yang paling penting adalah membuat lubang menggunakan gunting(lihat gambar). Lubang yang dibuat jangan terlalu besar lubang yang dibuat paling besar berdiameter 0,5cm. Hal ini dilakukan agar udara yang mengalir ke dalam karbu akan menjadi lebih lancar dan kinerja karet vakum akan menjadi lebih ringan sehingga elastisitas karet yang sudah kendur pun masih dapat bekerja secara normal. Selain itu lubang yang dibuat kecil bertujuan agar debu yang masuk tidak terlalu banyak. Penempatan lubang di saringan udara pun harus dekat dengan tangki motor, agar debu yang masuk dapat disaring oleh kertas yang dekat dengan lubang udara.
Nah...setelah diberi lubang, pasang kembali seperti semula dan motor byson kesayangan kalian dapat ngacir lagi tanpa kendala.
Nb. Selain cara ini, masih ada pula cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menambah “per” karet vakum dengan yang lebih panjang. Jika motor kalian hanya mau menyala ketika saringan udara dibuka, cara yang saya berikan dengan membuat lubang di saringan udara bisa dilakukan. Jangan membuat lubang selain di kertas saringan udara agar mesin motor kalian tetap awet dan irit bahan bakar. Menurut saya, sebenarnya motor byson bermasalah bukan karena karbu motor yang jelek atau cacat produksi, tetapi saringan udaranya lah yang perlu mendapat perbaikan.
silahkan komen.....
Kalo ane amati memang benar gan harus di ganti filter kertas dengan yg baru dan ganti per dalam karbu yg sudah kurang lentur.... Salam sruduk
BalasHapusThankyu bro tipsnya... siap d CoPas d kebo ane bro (,")b
BalasHapusHemzz perlu dicoba biar tau hasilnya..
BalasHapusMsalah spt ini sdh sring ane ngalamin tp cm gnt karet Vakum'y aja itu jg bs brthan 3 bln nnt kmbuh lg ngadat lg n mogok lg..pusing ane sm kebo ini
Smga bermanfaat gan
Hemzz perlu dicoba biar tau hasilnya..
BalasHapusMsalah spt ini sdh sring ane ngalamin tp cm gnt karet Vakum'y aja itu jg bs brthan 3 bln nnt kmbuh lg ngadat lg n mogok lg..pusing ane sm kebo ini
Smga bermanfaat gan
Sya mlh udah gnti karet vacum pnya thunder 125 distater gak mau hidup lama....lngsung mati pdhal spul brusan sya beliin ....ibarat cek busi pngpian bgus jdi gede cm gak mau hidupnya tu lo....pnsran sya jdinya
Hapusiya stres x lihat kebo ini..lg bawa cewek mati mendadak.mau ny keren .ce ny jd ilfell
BalasHapusSdh saya coba tips nya, bru 2hr test jalan ga ada kendala apa2.. semoga kedepan nya lancar jaya thanks info nya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusthanks gan ilmu nya
BalasHapusThanks broo
BalasHapusThanks broo
BalasHapuskebo ane jg gutu gan sdah 1tahun
BalasHapusmohon solusunya
ko punya ane masih saja
BalasHapusSama penyakitnya nih... Saya coba dlu. Makasih infonya gan
BalasHapusSama penyakitnya nih... Saya coba dlu. Makasih infonya gan
BalasHapusYah mentok solusinya pake kehin pe sob.tapi ampun boros bahan bakar
BalasHapusiya punyaku juga sama kaya gitu ada ada saja. padahal tunggangan udah enak udah cocok ga mau ganti motor lain tapi sayangnya gitu nakal
BalasHapuskemungkinan juga karna di awal awal ini premium udah gak ada di mana mana terpaksa pakai prtalit or pratamax padahal motor kita setingan premium
BalasHapuskemungkinan juga karna di awal awal ini premium udah gak ada di mana mana terpaksa pakai prtalit or pratamax padahal motor kita setingan premium
BalasHapusiya punyaku juga sama kaya gitu ada ada saja. padahal tunggangan udah enak udah cocok ga mau ganti motor lain tapi sayangnya gitu nakal
BalasHapusPunyaku udah ane potong dikit tpi kog masih brebet ta gan
BalasHapusSama yg q lakukan dah q lubangi mzh mbrebet...
HapusSama yg q lakukan dah q lubangi mzh mbrebet...
HapusPunyaku udah ane potong dikit tpi kog masih brebet ta gan
BalasHapusmohon rahasia nya gan..gimana cara yang lebih ampuh lgi..terima kasih..
BalasHapusriyo.rudiyansyah@gmail.com
Solusinya ganti pilot jet uk 17.5 pake scorpio..atau ganti sekalian skep karburatornya karena seiring pemakaian lapisan teflon skep terkikis gan jd seret naik turunnya..bisa jg pir skepnya sdh tdk fleksibel..ganti punya scorpio insaAllah kembali normal
BalasHapusSolusi Mengatasi Karburator Yamaha Byson yang Sering Ngadat
BalasHapusSimpel saja ceritanya, karena saya juga awam masalah otomotif. Awal cerita saya hijrah tempat service dari dealer langganan yang tanpa solusi, ke dealer Maruman Siger di jalan bypass Bandar Lampung. Disana saya diberitahu oleh mekaniknya pangilannya Mas Ipung, saya disarankan mengganti jarum spuyer atau Pilot Jet dari ukuran standar byson kode ujungnya 15 ke ukuran 20.
Kode Pilot Jet 20 dan Bentuk Pilot Jet
Kode Pilot Jet 20 dan Bentuk Pilot Jet
Kata mas Ipung kenapa byson sering ngadat, karena pasokan bahan bakar kurang saat di gas jadi mbrebet sampai ngadat. Pengalaman mas Ipung sudah mengganti lebih dari 20 unit motor byson dengan pilot jet ukuran 20 dan hasilnya lumayan gak ada yang kompalin lagi bahwa motor yamaha byson nya ngadat.
Modal beli pilot jet yang di maksud harganya 50 rebu, di dealer pun tidak ada barang tersebut belinya di toko tempat modifikasi kalau pasangnya pas kita service gratis tapi kalau berniat hanya pasang itu kena biaya jasa 15 rebu.
Jika anda pemilik byson dan mengalami kendala seperti diatas anda bisa mencoba trik ini.
Sumber :
https://satriamadangkara.com/mengatasi-karburator-yamaha-byson-yang-sering-ngadat/
Makasih infonya bro.
BalasHapusInk keseringan banget, apalagi pas nanjak adduhh..parah..
Langsung ke TKP.
byson albino ku wes sehat brow. cuma tarik per skep doang biar kerja vakum kmbali normal. monggo d coba.
BalasHapus#salam sruduk
Kebo saya masih berebet berebet kalo dah d tarik gas terus d lepas pas d tarik lagi langsung berebet berebet dan ngempos otomatis mesin mati,,,gimana solusi gan
BalasHapusMotor bison penyakitnya sering banjir... cara mengatasinya gan
BalasHapusBaiklah... Bisa dicoba
BalasHapusByson ane baru ni kambuh,sperti abis minyak. Sudah di coba bolongin saringan hawa,tinggal ganti spuyer aja ni yg belom
BalasHapusByson bermasalah dikarbunya kalau tdk ngembos ya banjir trus saran saya dari pd kita pusing trus gara2 hal tsb lebih baik lnsng ganti tuh karbu PE28 atau yg king punya pasti sip Gan
BalasHapusklo di kontak sepido ny gk hidup gmn bro,di slah juga gk bisa
BalasHapusMalam gan... Pas yang saya alami .di stater idup pas tarik gas mati...
BalasHapusApa yang harus saya lakukan .kebo AQ dah ga ada filter nya sya pake busa biasa .
Byson saya ngga brebet, walaupun digas poll, cuman saat lepas gas langsung dor.. dorr.. dorrr... 😁 😁 😁
BalasHapusPake pilot jet 17,5 dan main jet 112,5 bawaan si byson.
BalasHapus